Honda Accord adalah nama yang sangat direspek dalam percaturan sedan
berukuran besar. Jagoan Honda ini punya banyak penggemar loyal, tak
hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia.
Dihubungkan dengan kondisi pasar Big Sedan Tanah Air, Honda Accord
menjadi penantang terakhir yang bergenerasi baru. Toyota Camry
sebelumnya sudah mencuri start diikuti dengan Mazda6 yang kemunculannya
kali ini penuh dengan sambutan hangat.
Namun memulai belakangan tak serta merta jadi hal buruk bagi Accord.
Dengan mempelajari pengalaman lawan-lawannya, ia jadi punya lebih banyak
data untuk menyesuaikan diri pada selera pasar.
Itu sebabnya kami pertemukan Accord dengan Camry dan 6. Kami pilih tipe
paling mewah dari semua line-up yang mereka punya. Khusus Camry, 2.5 V
adalah yang masuk akal untuk tes jalan ini karena tentu tak adil bagi
Accord dan 6 jika kami menyertakan Camry Hybrid.
Petarungan Kunci: Perang Fitur Kenyamanan Interior
Baik Accord, 6 dan Camry berlomba-lomba
memanjakan penumpang dengan berbagai fitur kenyamanan menarik. Tentu
saja kelengkapan sistem hiburan di mobil menjadi dominan karena menjadi
teman selama perjalanan.
Headunit dengan kemampuan multimedia sudah menjadi kelengkapan
standar ketiga peserta Tes Jalan kali ini. Opsi navigasi, DVD maupun
kemampuan untuk memainkan file-file flashdisk. Tak lupa koneksi USB dan
Bluetooth sebagai jembatan antara gadget yang digunakan dengan sistem
hiburan di mobil.
Toyota Camry dengan sistem audio terintegrasi, mampu memberikan
paket yang berimbang. Kualitas suara yang ditawarkan sudah cukup baik.
Sementara Honda Accord memberikan tampilan layar dengan dimensi yang
besar, walau hanya bisa dinikmati penghuni kabin bagian depan.
Sedangkan 6 menggunakan headunit 3rd party yakni Alpine yang
tentunya terkenal dengan kualitas suaranya. Sistem tersebut dipadukan
dengan sistem tata suara BOSE yang mendapat set-up khusus bersamaan
pengembangan mobil ini. Hasilnya tak perlu diragukan lagi. |
MAZDA 6
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_s5hnjN-VIjlksIfaJwaiI4T1qcsXVfYa1e2BL2HsrhpBkgSUwFdUZlBR8nk8NsltBhaIc83azrfQhvZqyLVpV84tIT6Zx7D3g9EBw0FsLLfZdwUt0Dk6vq9GqD0OLOoL_wN7TKHaE6oGc6I_Q7yodF2dBug9kwBwMZC73WG_Bv8uZ6_urer3ujXX4TrwOKPM_GVeAMNFDxSoBOI24VqyyxYhpEGXO5ZXcxWF_JsDub=s0-d)
Di pertarungan Big Sedan sebelumnya – tanpa Accord terbaru, 6 adalah
kampiun dibanding yang lain. Ia sukses menaklukkan lawan-lawannya dengan
sejumlah resep mumpuni. Artinya, jalan paling terjal dihadapi Accord
kala bersinggungan dengan 6.
Supremasi 6 sudah dimulai sejak pengujian performa. Dibekali teknologi
canggih orisinal Mazda, SKYACTIV, 6 mencolok dalam soal efisiensi bahan
bakar. Di pengetesan dalam kota ia satu-satunya peserta yang berjalan
dengan konsumsi di atas 10 km/l, bahkan nyaris 11 km/l. pun begitu di
rute tol yang diselesaikannya dengan figur 17,9 km/l.
Meski terhemat, tapi hebatnya ia masih mencetak waktu terbaik di sektor
akselerasi. 0-100 km/jam tuntas dalam tempo 8,5 detik. Lebih cepat 1
detik dari Camry dan meninggalkan Accord dengan catatan 1,7 detik.
Batalkan membeli Mazda6 jika Anda masih menggunakan supir. Handling-nya
istimewa, tajam dan presisi. Di antara ketiga sedan tes ini, 6-lah yang
paling meyakinkan untuk kami tekuk ekstrem di tikungan tajam.
Tapi memang itu harus dibayar 6 dengan mengorbankan kenyamanan.
Bantingannya tidak lebih lembut dari Camry dan Accord. Kelegaan kabin
pun kalah dari kedua pesaingnya itu. Jelas di sini, 6 lebih memberi
orientasi pada pengemudi (driver oriented) dibanding lawan-lawannya.
Kesuksesan melayani pengemudi ini kemudian yang menjadikan nilai fun
to drive-nya begitu istimewa. Camry memang masih enak disetiri sendiri,
namun tetap belum seasyik 6. Sedangkan Accord bagi kami lebih berbakat
menyenangkan penumpang belakang (passenger oriented).
Di luar beberapa parameter eksak, kami memberi kredit tersendiri pada
tampilan eksterior 6. Desain Kodo bagai mengalir menciptakan keindahan
bentuk sekaligus mendukung nilai aerodinamika. Ia terlihat sporti, tapi
tetap berwibawa saat di ajak ke acara-acara resmi.
Beberapa fitur unggulan kian melengkapi pesona 6. Jagoan Mazda ini
punya fitur i-ELOOP yang bisa mengkonversi energi dari pengereman untuk
mengisi baterai. Juga Auto Start-Stop untuk optimalisasi efisiensi saat
berhenti total di kemacetan.
Poin utama
PERFORMA
Ia merupakan penantang paling hemat,
sekaligus paling kencang. Kombinasi sempurna bagi Anda yang menyukai
mengemudi. Mesin luar biasa itu tak lepas dari keberhasilan teknologi
SKYACTIV
FUN TO DRIVE
Handling tajam dengan bobot setir pas nan presisi. Dipadu kapabilitas mesin, jadilah ia mobil yang sungguh asyik dikemudikan.
DESAIN EKSTERIOR
Mazda6 kini terlihat lebih matang meski
tetap mengendepankan aura sporti. Itu keutamaannya, Mazda berhasil
meracik tampilan 6 yang lebih baik dari segala sisi. |
Honda Accord 2.4 L VTi-L
Secara subyektif, kami dapat berdebat berjam-jam mengenai keunggulan
masing-masing kontestan. Semua produsen telah memberi yang terbaik dan
itu jelas memberi tantangan pada penilaian.
Honda telah menggarap Accord kembali seperti sedia kala. Dengan
kelengkapan fitur yang sophisticated. Tampilan eksteriornya membawa
kewibawaan sebuah Accord tanpa melupakan unsur fungsionalnya.
Aplikasi DRL (daytime running lights) memang sudah menjadi tren umum
bagi mobil-mobil modern saat ini. Namun aplikasi LED sebagai lampu utama
mampu mereduksi kebutuhan listrik saat digunakan sekaligus
memperpanjang lifetime lampu tersebut.
Secara keseluruhan panjang mobil ini berkurang dari pendahulunya
menjadi 4.870 mm, sehingga menempatkan Accord sebagai kontestan
terpanjang. Sementara wheelbase-nya merupakan yang terpendek di kelas
ini, dan berpengaruh terhadap kelincahan mobil ini untuk bermanuver di
jalanan Ibu Kota yang padat.
Ini berarti, sedikit mengurangi kenyamanannya. Pada faktanya Accord
masih belum mampu mengungguli kenyamanan Camry. Walau suspensi Accord
sudah terasa cukup lembut, namun yang ditawarkan Camry masih melampaui
apa yang ditawarkan mobil ini. Ini disebabkan Honda mencoba tetap
mempertahankan faktor fun to drive mobil ini sehingga mobil masih enak
untuk bermanuver.
Fitur kelengkapan yang memanjakan penumpang belakang seperti remote
audio juga dimiliki mobil ini. Termasuk tombol pengatur posisi kursi
penumpang depan di sandaran jok. Dan fitur ini hanya dimiliki Accord dan
Camry.
Menambah kenyamanan di dalam kabin, rear dan side sunshade memberikan tingkat privasi yang baik bagi penumpang belakang.
Fitur lainnya disuguhkan untuk memanjakan pengemudi. Seperti mata
tambahan untuk melihat blindspot di sebelah kiri. Fitur ini diberi nama
Lane Watch. Fitur ini aktif saat menyalakan sein kiri maupun menekan
tombolnya di ujung tuas sebelah kanan.
Sementara multiview rear camera dengan luas pandang 1.300 dan 1.800
dipadu dengan garis pandu dinamis, memberikan kemudahan saat mundur. Dan
untuk menentukan jarak bumper dengan objek di belakangnya dapat
menggunakan mode Top Down View.
Walau memiliki mesin dengan kapasitas paling kecil, 2.356 cc, masih
belum mampu menandingi efisiensi kedua rivalnya tersebut. Mazda6 masih
menjadi rival dengan akselerasi terbaik dan konsumsi bahan bakar yang
diluar kebiasaan mobil-mobil di kelas ini. Sementara Camry memiliki
efisiensi yang setara, padahal kapasitas mesinnya lebih besar 100 cc.
Bagaimanapun, performa dan efisiensi tidak menjadi faktor utama saat
akan meminang mobil-mobil di kelas ini. Namun dari segi fitur dan
kenyamanan, menjadikan Accord petarung yang setara dengan kedua
rivalnya. Akankah Accord menjadi yang terbaik?
Poin utama
KAMERA
Visual kamera dari Accord sangat
membantu pengemudi. Lane Watch menyala untuk menantisipasi blindspot di
sisi kiri mobil. Sedangkan Multi-Angle Rear View Camera memudahkan saat
parkir mundur.
DESAIN INTERIOR
Kami sungguh terlena dengan keindahan interior Accord. Enak dilihat dan membuai ditempati.
PRIVASI KABIN
Kabin belakang dilengkapi sunshade di
kaca belakang dan samping. Anda sang pemilik pun mendapat privasi penuh
saat menikmati Accord dari bangku belakang. |
Toyota Camry 2.5 V A/T
Toyota Camry merupakan contoh era baru desain luar produk Toyota.
Wajahnya lebih dinamis ketimbang pendahulunya. Kian terlihat sporty.
Namun seiring waktu, para kompetitornya tampil lebih memikat dan membuat
Camry terlihat biasa saja saat disandingkan.
Sama halnya dengan desain interior. Kesan dinamis memang menyeruak dari
tampak dasbornya. Kemudi baru dilengkapi steering switch memikat. Tata
letak kontrol audio dan AC climate control dual zone juga terlihat rapi.
Tapi, latar hitam di tengah dasbor mengurangi unsur kemewahan.
Bicara akomodasi, desainer Toyota paham kebutuhan pemilik Camry. Mereka
menyediakan ruang kaki luas di depan dan belakang. Bangku pengemudi
Camry sangat akomodatif karena bisa diatur secara elektrik, termasuk
hingga ketebalan support sandaran. Terdapat tombol untuk mengatur bangku
depan di sandarannya jika penumpang belakang ingin melegakan kabin
belakang. Headroom lega bersanding secara apik dengan kelir beige mewah
yang mendominasi kabin. Pun dengan volume bagasi mengesankan.
Kabin lega tak ada gunanya tanpa kenyamanan paripurna. Toyota berhasil
meraciknya secara pas untuk Camry. Dibanding rivalnya, bantingan Camry
terbilang lembut. Sanggup melalui jalan rusak dengan baik. Pun dengan
pengendalian yang masih masuk dalam taraf mengasyikkan.
Toyota dikenal sebagai produsen yang mampu meramu mobil dalam takaran
yang pas. Termasuk pada mesin Camry ini. Unit 2.494 cc 4-silinder
menghasilkan tenaga 178 dk dan torsi 224 Nm. Naik dari model lawas yang
hanya 167 dk dan 220 Nm.
Ia meminjam transmisi milik tipe 3.5 Q lawas yang memiliki 6 rasio
gigi, naik satu gigi dari tipe lama 2.4. Tanpa kontrol traksi membuat
karakter berkendara terasa lebih mengasyikkan. Semua diimbangi dengan
konsumsi BBM pas untuk sebuah sedan besar.
Bagi Anda penyuka mobil dengan racikan pas, Toyota Camry 2.5 V A/T bisa
dijadikan salah satu acuan. Harganya pun paling murah dalam Tes Jalan
kali ini. Sanggupkah ia melawan kedua rivalnya yang masih gres tersebut?
Poin utama
KENYAMANAN
Tanpa Nissan Teana yang menjadi raja
kenyamanan, bantingan Camry terasa paling empuk di sini. Goncangan jalan
dapat diredam dengan baik. Posisi duduk penumpang belakang sangat
rileks dan nyaman.
FUN TO DRIVE
Memang ada Mazda6 yang tampil tanpa
cela di sini. Meski begitu, mesin baru meningkatkan karakter torsi Camry
di putaran bawah dan menengah. Transmisi otomatis 6-speed membuat mesin
kian responsif dan berkarakter. Posisi duduk pengemudi pas dan mudah
diatur merupakan poin pelengkap.
AKOMODASI
Kenyamanan sangat dibutuhkan untuk
penumpang mobil sekelas Camry. Akomodasi memegang peran sangat penting
di sini. Makanya, ruang kaki dan kepala Camry sangat lega. Imbas
positifnya, posisi duduk penumpang belakang terasa rileks. |
Data Tes |
HONDA Accord 2.4 L Vti-L |
TOYOTA
Camry 2.5 V A/T |
MAZDA 6
2.5A/T |
Harga |
Rp 549 juta |
Rp 549 juta |
Rp 535 juta |
Mesin/kapasitas |
4 inline/2.356 cc |
4 inline/2.494 cc |
4 inline /2.488 cc |
Tenaga maksimum |
176 dk/6.000 rpm |
181 dk/6.000 rpm |
187 dk/5.700 rpm |
Torsi maksimum |
225 Nm/4.400 rpm |
230 Nm/4.000 rpm |
256 Nm/3.250 rpm |
Transmisi |
5-speed auto/FWD |
6-speed auto/FWD |
6-speed auto/FWD |
Panjang/wheelbase |
4.865 mm /2.830 mm |
4.870 mm/2.775 mm |
4.825 mm/2.775 mm |
Lebar/tinggi |
1.850 mm/1.465 mm |
1.840 mm/1.450 mm |
1.825 mm/1.470 mm |
Kapasitas tangki/ban serep |
65 liter/full size |
70 liter/full size |
62 liter/space saver |
Ground clearance |
N/A |
160 mm |
135 mm |
Ukuran ban |
235/45 R18 |
215/55 R17 |
225/45 R19 |
Bobot |
1.560 kg |
1.475 kg |
1.628 kg |
PERFORMA |
0-100 km/jam |
10,2 detik |
9,5 detik |
8,5 detik |
0-60 km/jam |
4,7 detik |
4,4 detik |
4,0 detik |
60-80 km/jam |
2,5 detik* |
2,41 detik* |
2,2 detik* |
80-100 km/jam |
3,0 detik* |
2,73 detik* |
2,3 detik* |
100-120 km/jam |
4,2 detik* |
3,60 detik* |
3,5 detik* |
100 km/jam |
1.900 rpm |
2.300 rpm |
1.700 rpm |
Pengereman 100-0 km/jam |
41,0 meter |
47,1 meter |
40,6 meter |
Konsumsi bbm tol/dalam kota |
15,5/9,3 km/l |
16,7/8,5 km/l |
17,9/10,8 km/l |
Teknologi |
Earth Dreams |
Dual VVT-I |
Auto Start-Stop |
|
ECON |
- |
SKYACTIV |
*kickdown |
FITUR |
Airbag/ABS/EBD/BA |
4/ada/ada/ada |
2/ada/ada/ada |
4/ada/ada/ada |
Kontrol traksi/ESP |
Ada/ada |
tidak/tidak |
ada/ada |
AC climate control/dualzone/double blower |
Ada/ada/tidak |
ada/ada/ada |
ada/ada/tidak |
CD/MP3/DVD player/cup holder |
Ada/ada/ada/4 |
ada/ada/ada/6 |
ada/ada/ada/6 |
Monitor/USB/Aux-In |
Ada/ada/ada |
ada/ada/ada |
ada/ada/ada |
Tombol audio setir/cruise control |
Ada/ada |
ada/ada |
ada/ada |
MID/voice command |
Ada/tidak |
ada/tidak |
ada/tidak |
Jok elektrik/heater/ECO Mode |
Ada/tidak/ada |
ada/tidak/tidak |
ada/tidak/tidak |
Launch control/suspension control |
Tidak/tidak |
tidak/tidak |
tidak/tidak |
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer |
Ada/ada/ada/ada |
tidak/ada/ada/ada |
ada/ada/ada/ada |
Setir adjustable reach/rake |
Ada/ada |
ada/ada |
ada/ada |
Headlamp projector/auto levelling/HID |
Ada/ada/LED |
ada/tidak/tidak |
ada/tidak/ada |
Spion/pelipat elektrik/foglamp |
Ada/ada/ada |
ada/ada/ada |
ada/ada/ada |
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu |
Ada/ada/ada/ada |
tidak/ada/tidak/ada |
ada/ada/ada/ada |
Auto door-lock/sunroof/pelek |
Ada/tidak/18 inci |
ada/tidak/17 inci |
tidak/ada 19 inci |
Tabel Penilaian |
HONDA Accord 2.4 L Vti-L |
TOYOTA
Camry 2.5 V A/T |
MAZDA 6
2.5A/T |
*Harga |
6 |
8 |
7 |
Performa |
6 |
7 |
9 |
Handling |
8 |
7 |
9 |
Desain eksterior |
8 |
7 |
9 |
Desain interior |
9 |
7 |
8 |
*Fitur |
9 |
8 |
9 |
*Kenyamanan |
8 |
8 |
7 |
Kepraktisan |
8 |
8 |
7 |
*Akomodasi |
8 |
8 |
7 |
Fun to drive |
7 |
8 |
9 |
Faktor signifikan di Tes Jalan kali ini |
Peringkat Terakhir |
1 |
2 |
3 |
Mazda6 |
Honda Accord 2.4 L VTi-L |
Toyota Camry 2.5V |
+ Performa, fun to drive, desain eksterior, fitur
- Bantingan suspensi, akomodasi, kenyamanan |
+ Desain interior, fitur, kepraktisan
- Performa, harga, fun to drive |
+ Harga, akomodasi, kepraktisan
- Handling, desain eksterior, desain interior |
Kesimpulan
Toyota dikenal luas sebagai produsen yang ahli membuat kendaraan
dengan ramuan pas dan sesuai kebutuhan. Makanya, poin penilaian
tertinggi Toyota Camry 2.5 V A/T selalu bisa disejajarkan oleh rivalnya.
Pun begitu ada beberapa sektor cukup menonjol. Sebut saja kenyamanan
dan akomodasi kabin. Meski demikian, Camry masih cukup fun untuk
dikendarai setiap hari. Meski demikian, dalam pertarungan banyak faktor
harus dinilai. Untuk yang ini Camry sulit bertahan dan membuatnya berada
di urutan ke-3.
Sebagai pendatang baru, Honda Acccord tampil dengan rasa percaya
diri tinggi. Tampilan luar dan dalam mewah. Terlihat segar dan berkelas,
meski beberapa sudut menguatkan aroma sporty.
Beragam fitur menyelimuti. Seperti mata tambahan untuk melihat
blindspot di sebelah kiri berlabel Lane Watch. Fitur ini aktif saat
menyalakan sein kiri atau dengan menekan tombolnya di ujung tuas sebelah
kanan.
Kamera parkir canggih bertajuk multiview rear camera dengan luas
pandang 130 derajat dan 180 derajat dipadu garis pandu dinamis
memberikan kemudahan saat mundur. Termasuk fitur kenyamanan lain yang
siap memanjakan penghuni kabin. Sayang, dalam beberapa aspek ia mesti
mengakui keunggulan Mazda6 dan harus menempati posisi ke-2.
Penampilan Mazda6 sangat dominan. Dijamin, setiap orang yang melihat
pasti akan terpuaskan oleh lekuk tubuhnya yang dinamis, atraktif, dan
mewah. Konsep desain Kodo mendukung aerodinamika sekaligus menyuguhkan
gaya baru mobil premium.
Kedigdayaan Mazda6 terlihat jelas di mesin. Teknologi advanced
menghasilkan konsumsi BBM sangat irit. Pun dengan figur akselerasi
tercepat di sini. Dua hal yang sulit dipertemukan tapi Mazda6 berhasil
menyandingkannya.
Keunggulan tersebut tak lepas dari Beberapa fitur terkini pada
Mazda6. Jagoan Mazda ini memiliki fitur i-ELOOP yang bisa mengkonversi
energi dari pengereman untuk mengisi baterai. Sederhana namun cukup
mumpuni menjinakkan konsumsi BBM. Fitur Auto Start-Stop mungkin bukan
yang pertama, tapi cukup optimal guna mengurangi konsumsi BBM.
Memang perkara kenyamanan dan akomodasi, Mazda6 mesti banyak belajar
dari yang lain. Meski begitu, semua kelebihan yang dimiliki sanggup
menutupi kekurangannya. Itu juga yang membuat value for money Mazda6
meningkat dan membuatnya kembali meraih mahkota juara pertama di sektor
Big Sedan. |
Back Seat Driver?
Adakah varian lainnya?
Toyota Camry hadir dengan varian terbanyak. Hybrid, V dan G.
Sementara Accord hanya hadir dalam 2 pilihan: VTi dan VTi-L. Mazda6
tampil percaya diri dengan 1 varian saja.
Bagaimana dengan pilihan mesinnya?
Baik Honda Accord dan Mazda6, hanya menawarkan 1 varian mesin.
Sedangkan Toyota Camry menghadirkan varian mesin bakar dengan paduan
motor elektris (hybrid). |